Smart Phone

Tips Meningkatkan Masa Pakai Baterai Smartphone

Halo temen-temen jika kamu merasa bahwa smartphone yang kamu gunakan sering mangalami masalah pada baterai sering lowbat dan tidak awet, jangan khawatir. Hampir semua user smartphone sering mengeluhkan hal yang serupa. Sebenarnya Teknologi baterai selalu berkembang, sehingga dapat meningkatkan kualitas baterai.

Tips Meningkatkan Masa Pakai Baterai Smartphone

Namun jika kamu ingin menghindari masalah pada baterai smartphone, kamu dapat mengikuti beberapa tips ini untuk meningkatkan masa pakai baterai smartphone. Berikut ini adalah 9 tips untuk membantu meningkatkan masa pakai baterai smartphone :

1. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

Layar adalah komponen yang paling haus daya di setiap smartphone. Sehingga kamu akan terkejut dengan banyaknya tingkat daya baterai yang akan meningkat jika kamu mengurangi tingkat kecerahan otomatis layar dan mengurangi kecerahan layar smartphone kamu. untuk menyesuaikannya kamu bisa melakukan pengaturan brightness layar ke Setting > Display dan Brightness.

2. Cek aplikasi yang boros baterai

Beberapa tahun terakhir, baik Android maupun iOS telah menerapkan pemantauan konsumsi baterai untuk membantu pengguna menemukan aplikasi apa saja yang paling banyak mengonsumsi daya baterai. Buka Setting, lalu pilih opsi Baterai untuk melihat pengelompokan terorganisir dari aplikasi apa saja yang menghabiskan daya baterai ponsel paling banyak.

Seiap aplikasi dan fitur akan ditampilkan dalam daftar menurun mulai dari tingkat konsumsi baterai paling banyak hingga yang paling sedikit. Jika kamku melihat aplikasi yang jarang digunakan atau fitur yang tidak pernah kamu gunakan, maka jangan ragu untuk menghapus atau menon-aktifkan aplikasi tersebut.

3. Tutup Aplikasi Di Latar Belakang

Multitasking adalah salah satu fitur Smartphone yang cukup banyak digemari, karena dengan fitur ini memungkinkan kamu dapat kembali ke aplikasi sebelumnya. Tapi tahukah kamu, aplikasi yang kamu tinggalkan tersebut akan berjalan di latar belakang, hal ini tentu saja dapat mengonsumsi energi baterai. Aplikasi tersebut akan terus berjalan di latar belakang dan membutuhkan konsumsi daya baterai. Dengan mematikan aplikasi yang tidak kamu gunakan kamu dapat mengurangi beban kerja CPU dan mengurangi konsumsi daya.

4. Matikan Konektivitas yang Tidak Dibutuhkan

Setiap Smartphone pasti memiliki beragam jalur konektivitas di dalamnya. Sangat bagus untuk selalu terhubung dan memanfaatkan fitur seperti LTE, NFC, GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth. namun apakah kamu benar-benar selalu membutuhkan kesemua jenis konektivitas tersebut untuk selalu aktif seharian penuh? Percayalah, konsumsi baterai kamu juga dipengaruhi oleh konektivitas tersebut. Matikan saja berbagai konektivitas yang tidak perlu, atau saat kamu tidak membutuhkannya.

5. Buang Widget Dan Hapus Live Wallpaper

Hanya karena menampilkan widget di layar beranda, dan tampaknya tidak aktif, bukan berarti pemasangan widget tidak mengkonsumsi daya. Ini berlaku untuk widget yang memperbarui status polling di latar belakang, serta widget animasi. jangan lupa sebisa mungkin jauhkan pilihan Live Wallpaper sebagai tampilan depan homescreen smartphone kamu. Live Wallpaper juga mengkonsumsi daya baterai cukup besar lho temen temen.

6. Matikan Notifikasi Tidak Penting

Smartphone tanpa koneksi internet sepertinya kurang berguna. Hampir semua aplikasi sekarang melakukan update dan memunculkan notifikasi untuk memberitahukan pembaruan, berita, pesan, dan informasi lainnya. Ketika memuat notifikasi tersebut, notifikasi dari aplikasi tersebut mungkin akan berbunyi, atau menyalakan LED layar kamu dan menampilkan pesan. Notifikasi yang muncul akan membuat LED kamu berkedip, atau mengaktifkan audio.

Semua hal ini tentu saja menghabiskan energi. kamu mungkin tidak ingin mematikan notifikasi tentang pesan teks baru atau panggilan tidak terjawab, tetapi mematikan notifikasi berlebihan akan menguras daya baterai smartphone. Dan mungkin akan menimbulkan gangguan yang tidak berguna sepanjang hari kamu dengan “serangan” notifikasi” dari banyak aplikasi yang ada di smartphone.

7. Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Automatic Sinkron akan membuat smartphone terus-menerus memeriksa dan mengecek apakah ada informasi baru tetang penyelarasan aplikasi, Sinkronisasi Otomatis hanya akan membuang-buang daya baterai. Nonaktifkan fitur ini pada Menu Pengaturan > Baterai > non-aktifkan Automatically Sync Apps. Langkah ini secara mudah akan memperpanjang usia baterai perangkat kamu.
Tapi ingat, sesuaikan kebutuhan ya, misalnya untuk email, jika dianggap penting, sinkronisasi otomatis harus tetap diaktifkan.

8. Update Sistem Dan Aplikasi

Sistem dan aplikasi yang sering diperbarui di smartphone kamu, sangat dianjurkan untuk menghadirkan efisiensi daya baterai, dan mengatasi bug. Jadi kamu harus memastikan sistem dan aplikasi yang berjalan di smartphone kamu adalah versi yang terbaru.

9. Mode Hemat Daya

Mode hemat daya atau Power Saving akan membatasi smartphone kamu hanya dapat bekerja untuk beberapa aplikiasi terpenting saja misalnya untuk menerima telepon, mengirim SMS, panggilan telepon, menjelajah Web, dan Facebook. Dengan mengaktifkan mode hemat daya ini, akan dapat menghemat daya baterai lebih awet. Bahkan diklaim dapat memperpanjang satu hari waktu siaga (stand by).

SevenJon

Website dan Post kami reset pada tanggal 15 Juni, semua komentar yang sudah masuk tidak dapat ditampilkan. Semoga kajian materi dari website sevenjon.com ini dapat membantu teman teman menambah pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat hingga anak cucu kelak.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker