Webmaster

Pengertian Unmanaged VPS dan Kelebihannya

SevenJon.com – Pengertian Unmanaged VPS dan Kelebihannya : Salah satu hal terpenting yang harus kamu tentukan saat memilih produk hosting adalah seberapa sering terlibatnya kamu. shared hosting atau hosting bersama sangat cocok untuk kamu yang meng-hosting situs web kecil atau blog dan tidak ingin mengurus semua konfigurasi dan manajemen server. Namun, dalam beberapa kasus, pelanggan ingin menjadi bos mereka sendiri dan melakukan segalanya sendiri, untuk menciptakan server kustom mereka sendiri sesuai dengan kebutuhan proyek atau hanya untuk dapat mengubah konfigurasi standar. Dalam hal inilah Unmanaged VPS menjadi pilihan terbaik. Server-server ini dapat memberikan akses ke server sebagai pengguna utama, atau “root”, dan memungkinkan kamu untuk mengedit konfigurasi standar dan menyesuaikannya dengan perangkat lunak.

Manfaat dari Unmanaged VPS

Unmanaged VPS memberikan lebih banyak fleksibilitas dibandingkan dengan server shared hosting atau beberapa produk hosting khusus seperti hosting WordPress dan lainnya. Secara umum, Unmanaged VPS memungkinkan kamu untuk memilih dan menginstal aplikasi pilihan yang akan digunakan untuk proyek kamu sendiri di VPS, sehingga memungkinkan kamu untuk bekerja dengan perangkat lunak yang paling kamu kenali. Misalnya, sebagian besar penyedia menawarkan server shared hosting yang difasilitasi dengan Apache dan MySQL.
Unmanaged VPS akan memungkinkan kamu untuk menggantinya dengan opsi pilihan sendiri, seperti Nginx, bukan Apache atau MongoDB, bukan MySQL, dll. Pada dasarnya kamu dapat membuat tempat kerja berdasarkan preferensi kamu sendiri, sehingga tugas harian dapat diselesaikan lebih cepat. dan lebih mudah. Administrator server akan dapat mengonfigurasi ekstensi dan modul tambahan, menerapkan opsi keamanan khusus, dan banyak lagi.

Penting untuk mengetahui bahwa penyedia hosting yang berbeda dapat memberikan tingkat penyesuaian yang berbeda yang dapat kamu lakukan. Dengan Unmanaged VPS ini sebagian besar tergantung pada virtualisasi server. Banyak penyedia server yang menawarkan dua jenis virtualisasi yang berbeda untuk server yang Unmanaged yang menyediakan tingkat penyesuaian yang berbeda yang tersedia di VPS. OpenVZ stabil dan dapat diandalkan, tetapi juga agak terbatas dalam hal kustomisasi kernel dan OS atau perangkat lunak yang tersedia, OpenVZ mungkin cocok untuk aplikasi dan tugas yang lebih umum. Sebaliknya, virtualisasi berbasis KVM dapat dikustomisasi lebih banyak, memberikan lebih banyak pilihan penggunaan software baru, misalnya, Docker.

Kapan Harus Memilih Unmanaged VPS ?

Meskipun Unmanaged VPS umumnya lebih murah (tergantung pada sumber daya server yang disediakannya), kamu harus memilih satu hanya jika kamu memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara mengelolanya atau kebutuhan untuk opsi khusus tertentu yang datang dengan VPS tersebut.
Berikut adalah saat yang paling umum ketika Unmanaged VPS berguna

  1. Kamu memiliki situs web yang agak rumit yang memerlukan ekstensi atau modul yang kurang umum atau lebih spesifik yang tidak didukung pada shared hosting reguler
  2. Kamu ingin meng-host aplikasi lain dari situs web biasa yang memerlukan konfigurasi server khusus dan lebih banyak sumber daya server.
  3. kamu ingin membuat lingkungan terpisah sendiri di dalam server, misalnya, Docker.
  4. kamu ingin menggunakan aplikasi sendiri yang tidak didukung oleh shared hostinga reguler, bisa jadi panel kontrol server yang berbeda seperti Webmin atau beberapa aplikasi spesifik: LiteSpeed, Redis, ServerPilot dll.
  5. Kamu ingin menggunakan Server Windows, biasanya ini tidak didukung pada shared servers reguler.
  6. Kamu menginginkan server pribadi dengan sumber daya terisolasi hanya untuk project sendiri.
  7. Kamu biasanya lebih suka menjadi single owner dan lebih suka melakukan semuanya sendiri dan dapat membuat perubahan pada server saat kamu membutuhkannya.

Sahabat SevenJon.com ada banyak alasan dan situasi lain ketika Unmanaged VPS dapat berguna, tetapi kamu harus selalu yakin bahwa itu benar-benar diperlukan, agar kamu tidak menyesali keputusannya nanti.

Apa yang harus perhatikan saat memilih Unmanaged VPS?

Setelah sahabat SevenJon.com memutuskan untuk menggunakan Unmanaged VPS, sahabat perlu mempertimbangkan beberapa hal. Sebelum memilih Unmanaged VPS kamu harus berpikir apakah kamu memiliki setidaknya pengetahuan dasar tentang cara kerja server seperti iini dan tugas dasar apa yang perlu dilakukan setiap hari, setiap minggu, dll.

Berikut adalah beberapa aspek utama tambahan yang harus dipertimbangkan sebelum membeli:

  • Resources atau Sumber Daya. Karena kamu perlu merencanakan aktivitas dan memuat server, kamu harus memilih server dengan sumber daya yang cukup, selain itu Kemampuan untuk bersekala juga penting, karena proyek kamu mungkin akan tumbuh semakin besar maka di butuhkan Resources yang besar juga.
  • Virtualisasi. Penting bagi kamu untuk mengetahui perbedaan utama antara virtualisasi yang di tawarkan oleh penyedia hosting untuk membuat keputusan yang tepat. Jika kamu memilih virtualisasi VPS yang salah mungkin kamu tidak dapat mencapai tujuan proyek kamu sendiri dan itu dapat menyebabkan banyak masalah.
  • OS yang tersedia. Virtualisasi berbeda dan beberapa di antaranya tidak fleksibel, hal ini dapat mengurangi daftar OS yang tersedia, jadi kamu harus mengetahui opsi atau pilihan kamu terlebih dahulu. dalam hal ini kamu dapat menghubungi departemen dukungan pelanggan dan meminta mereka untuk mengklarifikasi opsi OS apa saja yang akan kamu miliki.
  • Add-ons. Jika kamu telah memilih VPS, kemungkinan kamu memerlukan komponen tambahan untuk server, dalam beberapa situasi ini bisa berupa alamat IP tambahan, opsi cadangan, kecepatan jaringan yang lebih cepat, dll. Memiliki opsi ini mungkin penting untuk mengembangkan proyek Anda.
  • Uptime. Ketika kamu memiliki Unmanaged VPS dan hanya kamu sendiri yang menangani tugas harian, penting untuk memiliki waktu aktif dan akses server yang baik setiap saat. Memilih penyedia hosting yang handal menjadi salah satu prioritas. Dalam kebanyakan kasus, seharusnya lebih penting daripada harga.
  • Dukungan Pelanggan. Meskipun kamu telah memilih Unmanaged VPS, akan ada beberapa situasi ketika kamu akan memiliki pertanyaan atau layanan bantuan.

Dalam memilih Unmanaged VPS memiliki fleksibilitas yang lebih besar, tetapi juga dengan risiko yang lebih besar, yang harus kamu perhitungkan ketika mempertimbangkan jenis layanan hosting ini. Yang terbaik untuk administrator server yang adalah Ownernya sendiri dan dapat mengelola server sendiri.
Walaupun masih ada ide yang umum diterima bahwa jenis server ini dikelola melalui command line saja,namun hal ini sudah tidak lagi berlaku pada saat ini. Pasar menawarkan berbagai Control Panel server berbasis Graphic User Interface (GUI), seperti cPanel, DirectAdmin, Webmin, Plesk, dan lainnya.
Control Panel memiliki antarmuka grafis dan memungkinkan kamu melakukan sebagian besar tugas dasar melalui antarmuka web, hanya dengan menekan tombol berarti Unmanaged VPS juga tersedia untuk seprang pemula, yang dapat mulai menggunakan atau belajar menggunakan VPS dengan cara yang lebih nyaman. Saya Admin Seven Jon selamat Berkarya

Tags

SevenJon

Semoga kajian materi dari website sevenjon.com ini dapat membantu teman teman menambah pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat hingga anak cucu kelak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker