28.9 C
Jakarta
Jumat, Oktober 30, 2020

Buy now

Fungsi Perlindungan Privasi Domain

Ketika anda mendaftarkan nama domain, detail pribadi anda disimpan dalam database yang tersedia untuk umum yang disebut WHOIS. Perlindungan privasi domain pada dasarnya adalah layanan ‘tambahan’ yang anda beli untuk melindungi data pribadi dan merahasiakannya dari bagian dunia lainnya.

Jika anda memilih untuk tidak membeli perlindungan privasi domain, pada dasarnya anda memilih untuk mengekspos informasi pribadi anda pada basis data publik WHOIS, sehingga siapa pun dapat melihat detail kontak anda (dengan asumsi anda adalah pendaftar domain).

Data tersebut termasuk dengan alamat email pendaftar domain, nomor telepon, alamat surat, nama, dan informasi lain yang diperlukan untuk mendaftarkan nama domain secara legal.

WHOIS adalah direktori publik yang menyimpan catatan semua pendaftaran domain secara online.  termasuk rincian pendaftar domain, verifikasi, kadaluwarsa, tanggal pembaruan, dan lainnya. Anda dapat melacak kepemilikan domain apa pun di internet menggunakan fitur pencarian WHOIS.

Anda dapat melacak kepemilikan domain apa pun di internet menggunakan fitur pencarian WHOIS. Pada tangkapan layar berikut, kami mencari detail pendaftar domain untuk ‘nike.com

Whois

Di bawah ini, kita dapat melihat siapa pendaftar domain, kapan pendaftaran berakhir, dan kapan terakhir diperbarui

Whois

Scroll lebih jauh ke bawah, kita dapat melihat nama pendaftar, di kota mana mereka berada, dan bahkan dapat mengakses nomor telepon dan alamat email mereka.
Whois
Ini sangat mirip dengan bagaimana aset yang anda miliki terdaftar di bawah otoritas atau register yang berwenang. Seperti halnya jika mobil anda atau rumah anda di daftarkann di bawah otoritas pemerintahan yang mencatat kepemilikan, tanggal mulai, dan durasinya.

Bagaimana Anda Bisa Mendapatkan Perlindungan Privasi Domain ?
Anda bisa mendapatkan perlindungan privasi domain selama proses mendaftarkan nama domain baru dengan pendaftar domain Anda (atau penyedia hosting Anda). Mereka biasanya menawarkannya sebagai fitur tambahan, biasanya dihargai antara $ 2 sampai dengan $ 20 per tahun. Itu cukup masuk akal ketika Anda berpikir tentang tingkat risiko yang dimitigasi!

Tetapi apakah Anda benar-benar membutuhkan perlindungan privasi domain? Mari kita lihat alasan mengapa masuk akal untuk mendapatkannya.

Mengapa Anda Membutuhkan Perlindungan Privasi Domain ?
Ada banyak hal yang bisa salah jika Anda tidak menyembunyikan data pribadi Anda dengan perlindungan privasi domain. Dan itulah mengapa Anda harus tahu apa yang bisa terjadi, untuk memahami nilai sebenarnya dari perlindungan privasi domain.

1. Data pribadi Anda dapat diakses oleh siapa saja.
Jika informasi pribadi Anda tersedia di direktori publik WHOIS, siapa pun dapat mengaksesnya. Ini termasuk orang yang tidak ingin Anda perlihatkan diri Anda, seperti peretas, pesaing, kenalan , dan siapa pun dengan niat buruk.
Ini adalah risiko besar, terutama jika Anda sedang menciptakan konsep baru, atau membangun situs web untuk proyek yang ingin Anda simpan dalam mode sembunyi-sembunyi, atau jika Anda tidak ingin orang lain tahu siapa Anda.

Dengan tidak membeli perlindungan privasi, data pribadi Anda bisa diretas dan Anda terkena pencurian identitas. Yang lebih parah, jika situs web Anda diretas, data pelanggan Anda akan dicuri bersamanya, dan Anda berisiko kehilangan kepercayaan yang Anda buat dengan mereka.

2. Anda mungkin dibombardir dengan panggilan penjualan yang tidak diinginkan, dan bahkan scammed
Sekarang, jika informasi pribadi Anda ada di luar sana untuk dilihat dunia, tidak ada yang menghentikan pemasar yang memaksa di luar sana untuk mendapatkan informasi Anda dan berusaha menghubungi Anda. Anda bisa mendapatkan banyak telepon dari siapa saja yang ingin menjual sesuatu.

Selain itu, Anda berisiko ditipu. Jika staf penjualan ini mengetahui detail Anda, mereka berpotensi menipu Anda agar membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan.

3. Situs web Anda dan aset daring lainnya dapat diretas
Situs web Anda membutuhkan waktu untuk dibangun. Hampir seperti membangun rumah. Dan jika itu tidak sepenuhnya terlindungi, ada kemungkinan kecil itu bisa menjadi mangsa transfer domain yang curang. Artinya adalah bahwa orang lain dapat membobol panel kontrol domain Anda dan mentransfer situs web Anda ke nama mereka, tanpa persetujuan Anda.

Perlindungan privasi domain melindungi Anda dari bahaya seperti itu dengan menutupi informasi rahasia yang sangat rahasia. Ini seperti membiarkan rumah Anda terbuka untuk orang asing datang melihat siapa yang ada di dalamnya. Jika Anda cenderung menjaga rumah Anda terkunci untuk melindungi diri dan keluarga Anda, masuk akal untuk melindungi domain Anda dari orang asing di internet, seperti peretas.

4. Data pribadi Anda dapat dijual
Yang lebih berbahaya, adalah ketika perusahaan lain melakukan sesuatu yang disebut ‘pengikisan data’ untuk mengumpulkan data pribadi dari sumber yang tersedia untuk umum seperti WHOIS, untuk menjualnya kepada pihak ketiga.

Mungkin contoh terbaru dan paling relevan adalah tuduhan terhadap Facebook karena menjual data pribadi kepada pengiklan. Jelas, ini bukan masalah sepele untuk diabaikan, dan Anda harus selalu memperhatikan keamanan cyber Anda

5. Anda akan mendapatkan ribuan email spam
Ini bukan hanya panggilan penjualan yang bisa Anda dapatkan. Itu juga satu ton email spam yang Anda buka sendiri dengan membiarkan data pribadi Anda terbuka. Setiap spammer di luar sana tahu bagaimana menemukan data pribadi di direktori publik, dan email adalah saluran termudah untuk menargetkan pemilik usaha kecil.

Apakah Anda sudah pernah menerima ribuan spam yang belum Anda ikuti? Lihatlah kotak masuk spam Anda dan hitung jumlah email yang Anda dapatkan, dan dari mana. Jika Anda menerima email sampah, itu karena detail Anda terbuka untuk digunakan oleh spammer.

6. Saingan Anda akan tahu BANYAK tentang Anda
Lebih mudah bagi pesaing Anda untuk menguntit Anda jika informasi pribadi Anda mudah diakses. Mereka akan tahu siapa Anda, di mana Anda berada, dan bagaimana cara menghubungi Anda.

Sebagai pemilik usaha kecil, ketika Anda bekerja dengan sumber daya yang terbatas, informasi apa pun yang Anda bocorkan kepada pesaing dapat terbukti sangat mahal, terutama jika Anda menawarkan sesuatu yang unik ke pasar. Jadi, lindung nilai risiko Anda, jangan perlihatkan semua kartu Anda, dan cegah pesaing untuk membuntuti Anda dengan perlindungan privasi domain.

7. Anda tidak dapat mendaftarkan domain tanpa memberikan informasi otentik
Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada cara mendaftarkan domain dengan data palsu. Mengapa memberikan rincian Anda ke pendaftar domain Anda dan terdaftar di WHOIS sejak awal?

Kenyataannya adalah Anda hanya dapat mendaftarkan domain dengan informasi otentik. Semua informasi yang Anda berikan diverifikasi. Sekali lagi, sangat mirip dengan mendaftarkan aset apa pun dengan otoritas yang berwenang. Selain itu, keaslian adalah suatu keharusan sebagai pemilik usaha kecil untuk memenangkan rasa hormat dan kepercayaan audiens Anda sejak awal. Anda tidak dapat terlihat palsu di depan audiens Anda.

Sebaiknya periksa apakah Anda sudah memiliki perlindungan privasi domain dengan menghubungi pendaftar domain atau dukungan pelanggan penyedia hosting. Banyak bisnis kecil yang bahkan tidak tahu apakah mereka memilikinya, karena mereka biasanya bergegas melalui proses pendaftaran domain, jadi, jika Anda membaca ini, pastikan untuk memeriksanya! Jika Anda belum memiliki perlindungan privasi domain, berikut adalah beberapa opsi Anda

Opsi 1: Beli perlindungan privasi domain saat mendaftarkan nama domain baru. Ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya; Anda mungkin bisa menyelesaikannya dari awal.

Opsi 2: Tambahkan privasi domain ke nama domain yang ada. Jika Anda baru saja memeriksa privasi domain Anda dan menyadari itu tidak dilindungi, Anda dapat menambahkannya kapan saja. Hubungi pendaftar domain atau penyedia hosting Anda untuk membelinya hari ini.

Mendapatkan perlindungan privasi domain mudah, murah, dan dapat menghemat banyak masalah. Apakah domain Anda terlindungi?

Berita sebelumyaMenu dan Fungsi Cpanel
Berita berikutnyaCara Dual Login RF Online

Related Articles

Firmware Samsung Galaxy A8 SM-A530F

Halo teman-teman SevenJon.com, Melanjutkan Firmware dari Blog lama, Admin Jon kembali berbagi Firmware untuk Samsung Galaxy A8 SM-A530F dengan kode XID atau Region Indonesia. Firmware...

Firmware Samsung Galaxy A7 2018 SM-A750GN DS

Halo teman-teman SevenJon.com, Melanjutkan Firmware dari Blog lama, Admin Seven Jon kembali berbagi Firmware untuk Samsung Galaxy A7 2018 SM-A750GN dengan kode XID atau...

Firmware Samsung Galaxy A6+ SM-A605G

Halo teman-teman SevenJon.com, Melanjutkan Firmware dari Blog lama, Admin Jon kembali berbagi Firmware untuk Samsung Galaxy A6+ SM-A605G dengan kode XID atau Region Indonesia. Firmware...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Recent Post

Firmware Samsung Galaxy A8 SM-A530F

Halo teman-teman SevenJon.com, Melanjutkan Firmware dari Blog lama, Admin Jon kembali berbagi Firmware untuk Samsung Galaxy A8 SM-A530F dengan kode XID atau Region Indonesia. Firmware...

Firmware Samsung Galaxy A7 2018 SM-A750GN DS

Halo teman-teman SevenJon.com, Melanjutkan Firmware dari Blog lama, Admin Seven Jon kembali berbagi Firmware untuk Samsung Galaxy A7 2018 SM-A750GN dengan kode XID atau...

Firmware Samsung Galaxy A6+ SM-A605G

Halo teman-teman SevenJon.com, Melanjutkan Firmware dari Blog lama, Admin Jon kembali berbagi Firmware untuk Samsung Galaxy A6+ SM-A605G dengan kode XID atau Region Indonesia. Firmware...

Firmware Samsung Galaxy A01 SM-A015F

Halo teman-teman SevenJon.com, Melanjutkan Firmware dari Blog lama, Admin Seven Jon kembali berbagi Firmware untuk Samsung Galaxy A01 SM-A015F dengan kode XID atau Region...

Firmware Samsung Galaxy A20s SM-A207F

Halo teman-teman SevenJon.com, Melanjutkan Firmware dari Blog lama, Admin Seven Jon kembali berbagi Firmware untuk Samsung Galaxy A20s SM-A207F dengan kode XID atau Region...