29.8 C
Jakarta
Sabtu, Januari 16, 2021

Buy now

Cara Mudah Cek Keaslian Ponsel Xiaomi

Halo temen temen SevenJon.com, membeli Smartphone baik itu dalam kondisi baru maupun bekas (second) memang membutuhkan kejelian dan ketelitian extra. Terlebih, jika kamu membelinya di toko online atau konter-konter di pinggir jalan. Alih-alih mendapat produk asli, kamu malah tertipu mendapatkan barang palsu atau malah imitasi / replika.

Tidak bisa dihindari lagi, bahwa segmen kelas bawah alias entry level, produk-produk Xiaomi memang masih menjadi primadona. Pasalnya, meski dibanderol dengan harga murah ternyata spesifikasi yang dibawa justru cukup menggoda.

Nah, tingginya penjualan produk jenis ini bisa jadi dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk mengeruk keuntungan, tapi dengan cara yang curang, yakni memalsukan IMEI produk dan sebagainya.

Cara Mengetahui Keaslian Ponsel Xiaomi

Untuk kamu yang ingin membeli produk Xiaomi atau yang sudah memilikinya, tidak ada salahnya untuk mengecek ulang keaslian produk-produk tersebut. Berikut ini, SevenJon.com akan mengulas cara yang paling mudah, cepat dan ampuh untuk mengetahui ponsel Xiaomi kamu asli atau tidak.

Di tips dan trik kali ini, terdapat 2 cara yang ampuh bisa digunakan untuk mengetahui keaslian smartphone Xiaomi.

1. Verifikasi Nomor IMEI atau S/N
Cara yang pertama ini bisa kita bilang paling umum dan mudah untuk dilakukan. Pasalnya, setiap produk elektronik khususnya smartphone pasti memiliki nomor identitas masing-masing yang disebut IMEI.
Cek Keaslian Xiaomi 1

IMEI singkatan dari International Mobile Equipment Identity, terdiri dari 15 kode digit. IMEI digunakan sebagai nomor identifikasi ponsel kamu. Di dalamnya terdapat informasi mengenai kode negara, kode assembling, kode manufaktur, dan serial number.

Selain dapat ditemukan di stiker bagian belakang ponsel atau di dus, nomor IMEI bisa juga diketahui dengan dial kode *#06#. Selain IMEI, kamu juga bisa menggunakan kode S/N yang biasanya tertera bersamaan dengan stiker IMEI.
Cek Keaslian Xiaomi 2

Setelah kamu mendapatkan nomor IMEI atau S/N, tahap selanjutnya untuk mengecek ponsel Xiaomi asli dibeli resmi atau merupakan versi Internasional, silahkan kunjungi situs verifikasi Xiaomi resmi di https://www.mi.com/global/verify

Kamu bisa membuka URL tersebut dari browser ponsel atau pada komputer.

Selanjutnya, pilih tab “Verify your phone purchase” dan ketikan Nomor IMEI atau S/N. Lalu, masukkan kode otorisasi (security code) yang tertampil di tab bawahnya yang berfungsi untuk membedakan bahwa kamu adalah manusian bukan robot mesin pencari.

Cek Keaslian Xiaomi 3

Terakhir, tekan “Verify” untuk mengkonfirmasi dan informasi terkait data IMEI atau S/N ponsel Xiaomi akan tampil.

Cek Keaslian Xiaomi 4

2. Verifikasi Security Code
Jika kamu masih belum yakin benar dengan keaslian ponsel tersebut, maka cara kedua ini bisa digunakan sebagai opsi penentu. Langkah verifikasi menggunakan Security Code ini sejatinya tidak hanya berlaku untuk smartphone.

Tapi produk elektronik Xiaomi lain semisal Powerbank dan sebagainya.

Security Code biasanya ada di kotak produk yang dilapisi hologram dan harus digosok untuk menemukan 20 nomor tersembunyinya.

Cek Keaslian Xiaomi 5

Setelah kode tersebut ketemu, buka kembali URL verifikasi resmi Xiaomi di https://www.mi.com/global/verify

Pilih tab “Xiaomi Product Authentication”, dan masukan Security Code juga kode otorisasi yang muncul di bagian bawahnya.

Cek Keaslian Xiaomi 6

Selanjutnya, tekan “Verify” untuk mengecek data tersebut. Jika sesuai, maka informasi produk Xiaomi akan tertampil.
Cek Keaslian Xiaomi 7
Gimana temen-temen, sangat mudah mudah bukan, selain itu jika xiaomi kamu bisa melakukan Update Software atau biasa juga disebut dengan Update Firmware secara online maka xiaomi kamu itu asli

Tapi jika tidak ada update atau pembaharuan software, bukan berarti xiaomi tersebut palsu lho. Baiklah saya Admin Seven Jon sampai jumpa lagi di lain kesempatan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Recent Post