Blogger

Cara Mudah Backup WordPress Manual dan Otomatis

Sebagai pemilik blog berbasis wordpress self host kita wajib memback-up  data blog secara berkala, hal ini tentunya sebagai tindak pencegahan jika terjadi hal hal yang tidak di inginkan, apa jadinya jika hosting yang kamu gunakan bermasalah dan kamu harus kehilangan blog karena tidak punya salinan atau cadangan dari wordpress kamu.

Cara Mudah Backup WordPress Manual dan Otomatis

Hal ini tentunya bisa kamu hindari jika kamu memiliki back-up wordpress yang berada pada hosting, kamu hanya perlu me-restore nya kembali ke hosting yang kamu gunakan baik host yang sama ataupun pindah host. membuat backup WordPress berbasis self-hosted bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satu yang paling banyak dilakukan adalah melalui Cpanel atau panel server di layanan hosting. Tetapi cara ini tergolong sulit dan membutuhkan waktu.

Cara Backup Manual

Ada satu cara alternative yang bisa kamu coba jika kamu merasa kesulitan dalam membuat backup melalui Cpanel atau panel hosting. Yaitu dengan menggunakan bantuan plugin pihak ketiga yang tersedia secara gratis di WordPress.org, dalam tutorial ini saya akan mengajarkan bagaimana cara backup WordPress Manual dan Otomatis dengan menggunakan Plugin,

1. Login ke dashboard WordPress kamu, kemudian klik Add New atau Tambah Baru di menu Plugin dan cari plugin UpdraftPlus kemudian pasang dan aktifkan.

Backup Manual 1
Backup Manual 1

2. Setelah plugin aktif, selanjutnya akan tampil popup seperti ini. silahkan klik saja tombol Press here to start!.

Backup Manual 2
Backup Manual 2

3. Sekarang kita coba dulu membackup WordPress secara manual, caranya klik saja tombol Cadangkan Sekarang.

Backup Manual 3
Backup Manual 3

4. Saat muncul jendela popup seperti ini, beri tanda ceklis pada kedua jenis berkas, yaitu database dan files. Terakhir klik tombol Cadangkan Sekarang.

Backup Manual 4
Backup Manual 4

5. Tahapan selanjutnya adalah menunggu. Proses backup ini akan berjalan dengan sendirinya meskipun peramban ditutup, jadi tidak perlu khawatir jika Anda harus mengerjakan hal lainnya.

Backup Manual 5
Backup Manual 5

6. Inilah hasil backup yang telah kita lakukan tadi, jika ingin merestorenya cukup menceklis pada kotak kosong di setiap tanggal backup yang ada kemudian pilih Pulihkan

Backup Manual 6
Backup Manual 6

Cara Backup Otomatis

Selanjutnya kita akan mencoba backup secara otomatis, cara yang satu ini lebih disarankan karena jadwal backup bisa di atur sesuai keinginan kita.

1. Masih di menu UpdraftPlus, klik menu tab Pengaturan. Selanjutnya pilih kapan backup otomatis akan berjalan, maksimal satu bulan sekali, silahkan ganti angka 2 di bawah menjadi 1

Backup Otomatis 1
Backup Otomatis 1

2. Untuk sementara, addon penyimpanan cloud tidak usah kita guanakn dulu. Kita guanakan server sendiri saja.

3. Selain itu kamu juga bisa secara fleksibel menentukan sendiri jenis files yang akan dibackup oleh plugin. Opsinya tersedia di menu ini juga  seperti Plugin, Tema, Pengunggahan ( lihat gambar 1 )

4. Jangan lupa juga untuk mencentang opsi Email supaya Anda dapat memantau perkembangan backup yang dijalankan oleh sistem, terdapat tulisan “Check this box to have a basic report sent to yout site’s admin addres” pada box ceklisnya

5. Direktori Pencadangan, Kemudian untuk direktori pencadangan ini untuk memudahkan Anda menemukan berkas backup di file explorer Cpanel. Anda bisa juga menggunakan nama folder lain yang lebih mudah diingat. Jika sudah, klik tombol Simpan Perubahan.

Backup Otomatis 5
Backup Otomatis 5

Backup otomatis ini akan tersimpan dan bekerja sesuai jadwal. Untuk saat ini belum ada yang bisa dilihat karena belum ada yang di-backup. Nantinya, kamu akan mendapati daftar backup yang sudah dibuat baik melalui menu UpdraftPlus, email ataupun file explorer di Cpanel.

Opsional Online Storage Acccount

Inilah yang paling penting, fitur ini boleh kamu lakukan baik di manual ataupun otomatis, fungsi dari fitur ini ialah membuat salinan file backup pada akun cloud di luar hosting, yang artinya kamu bisa menyimpannya dalam akun Google Drive, DropBox, OneDrive dan yang lainnya secara otomatis

1. Sebagai contoh pada fitur ini saya menggunakan akun Google Drive, jika telah tiba jadwal backupnya, maka plugin UpdraftPlus akan mengirimkan file backup ke akun yang di pilih dan sudah di setel izin aksesnya.

Online Strorage
Online Strorage

2. Setelah memilih salah satu akun klik simpan pengaturan, maka kamu di haruskan memberikan akses kepada UpdraftPlus agar bisa mengakses akun kamu, silahkan ikuti link yang tertera



3. Setelah menyetel akun silahkan coba kembali mem-backup wordpress untuk yang ke dua kalinya, setelah selesai silahkan periksa akun yang sudah si setel tadi. kira kira hasilnya akan seperti ini

Nah temen-temen, file inilah yang menjadi backup wordpress kamu, tapi untuk me-restore’nya bukan berarti kamu hanya upload file ini ke hosting lho, tapi nge-restore’nya ke wordpress yang masih fresh dan menggunakan plugin UpdraftPlus kembali.
Baiklah temen temen, udah cukup jelas bukan, klo ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. demikian dari saya admin Seven Jon, sampai jumpa di lain kesempatan

SevenJon

Website dan Post kami reset pada tanggal 15 Juni, semua komentar yang sudah masuk tidak dapat ditampilkan. Semoga kajian materi dari website sevenjon.com ini dapat membantu teman teman menambah pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat hingga anak cucu kelak.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker