Webmaster

Pengertian Web Hosting Dan Shared Hosting

Jika kamu ingin membangun sebuah Website berbasis hosting seperti WordPress, Joomla WooCommerce dan CMS lainnya tentu saja kamu harus memiliki sebuah Hosting untuk menyimpan File dan Database secara online, dalam hal ini terdapat banyak pilihan yang tersedia di setiap penyedia hosting hosting, untuk sakala kecil atau untuk website baru biasanya menggunakan web hosting atau shared hosting, nah disitulah kamu harus tepat memilih mana yang harus kamu gunakan .

Perbedaan Web Hosting Dan Shared Hosting

Nah teman teman agar kamu tidak salah memilih hosting pastikan hosting kamu sesuai dengan kebutuhan yang tepat, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu web hosting dan shared hosting, kemudian barulah kamu menentukan spesifikasi dan harga yang di tawarkan oleh pihak penyedia hosting. Berikut ini adalah sedikit penjelasan dari web hosting dan shared hosting

Shared Hosting

Pada penyedia jasa layanan web hosting, website kamu di-hosting-kan pada sebuah mesin server. Hal ini memang murah dan cocok bahkan bagi yang memiliki budget kecil sekalipun. Pada dasarnya kamu bisa mendapatkan jasa layanan shared hosting dengan biaya bahkan kurang dari $1/bulan. Namun menggunakan account shared hosting seperti ini juga berarti kamu berbagi-pakai sumberdaya mesin server yang sama dengan beberapa pengguna account shared hosting yang lain.

Website kamu dasarnya menggunakan sumberdaya mesin server yang sama dengan yang digunakan oleh website-website lainnya yang di-hosting-kan pada mesin server tersebut, yakni CPU, RAM, kapasitas disk, bandwidth dll. Mesin-mesin server yang menjalankan account-account shared hosting seperti ini pada umumnya selalu penuh. Jika ada salah satu website yang membebani server tersebut, maka seluruh pengguna server tersebut akan merasakan dampaknya yakni kecepatan loading website yang menurun, kinerja yang buruk atau bahkan kegagalan server secara menyeluruh
atau biasa dinamakan server down.

Web hosting yang mengandalkan sistem server tunggal seperti ini juga mudah sekali untuk mengalami masa kegagalan server (server downtime) yang lebih lama oleh karena perbaikan /kegagalan hardware (motherboard yang rusak, CPU, RAM, harddisk, power supply, dll) yang bisa memakan waktu hingga berjam-jam (seandainya sang penyedia jasa layanan hosting tersebut menyediakan stok cadangan untuk perlengkapan server bersangkutan) dan bahkan hingga berhari-hari (jika sang penyedia jasa layanan hosting tidak punya stok cadangan dan terpaksa harus memesan terlebih dahulu kepada vendor).

Web Hosting dan Cloud Hosting
Web Hosting dan Cloud Hosting

Cloud Hosting

Pada sistem cloud hosting, website kamu di-hosting-kan pada serangkaian server-server yang saling berhubungan satu sama lain dan berfungsi sebagai satu kesatuan. kamu tidak harus bergantung pada satu mesin server saja – jika salah satu mesin server rusak, masih ada mesin server lainnya yang akan segera mengambil alih dengan jeda waktu yang singkat saja sehingga masa kegagalan server (server downtime) menjadi amat minimal.

Website kamu mendapatkan alokasi sumberdaya yang dikhususkan (CPU, RAM dan kapasitas disk) yang tidak dibagi-pakai dengan pengguna lainnya. Jika situs anda mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak dan membutuhkan sumberdaya yang lebih lagi, anda bisa dengan mudah melakukan upgrade ke paket hosting yang lebih baik dengan jumlah sumberdaya yang lebih banyak. Jika salah satu pengguna melebihi batas penggunaan sumberdaya yang sudah dialokasikan untuknya, maka hanya website sang pengguna bersangkutan sajalah yang akan mengalami penurunan performa/tidak bisa di-load.

Pengguna-pengguna lainnya beserta website-website lainnya tidak akan terpengaruh sama sekali. Penggunaan sumberdaya diantara para pengguna di sistem cloud akan menjadi adil dan dibatasi antara satu dengan yang lainnya. Hal ini tentu saja akan mencegah penyalahgunaan penggunaan sumberdaya oleh pengguna itu sendiri atau oleh pengguna yang lain.

Kesimpulannya Cloud hosting adalah sebuah solusi hosting yang handal, mudah untuk berkembang dengan biaya yang terjangkau – berbeda dengan solusi hosting tradisional dalam beberapa aspek penting

SevenJon

Website dan Post kami reset pada tanggal 15 Juni, semua komentar yang sudah masuk tidak dapat ditampilkan. Semoga kajian materi dari website sevenjon.com ini dapat membantu teman teman menambah pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat hingga anak cucu kelak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker